KONSEP HUBUNGAN ANTAR MANUSIA KOMUNIKASI

OLEH : Denhas Mubarok T.A

(pengamat komunikasi politik)

A. Konsep Dasar Posisi Individu dalam Filsafat Komunikasi
Bertolak dari teori naturalistis Durkheim yang menyatakan “fakta social” dalam masyarakat terdiri dari variable – variable, artinya memiliki karakteristik yang kompleks sehingga harus ada suatu teori tunggal tentang masyarakat (individu) yang secara ideal teori ini akan tergabung dalam suatu kesatuan teori ilmiah. Selain Durkheim penulis juga mengambil sintesa dari Hobbes yang menggambarkan bahwa manusia (individu) pada hakikatnya egois, rakus, sehingga selalu diwujudkan dalam bentuk konflik antar individu, namun secara state of nature pada hakikatnya individu ingin merasakan aman dan terjamin jiwanya dari bahaya..
. Dan disinergiskan dengan arus positivisme Agus Comte (1798-1856) yang membersihkan pegetahuan dari kepentingan dan awal pencapaian cita – cita untuk memperoleh pengetahuan yang dipisahkan dalam hidup praxis manusia. Akhirnya semakin rasional dalam arti semakin mampu memperluas penguasaan teknis atas proses – proses alam manusia maka semaki mampu menciptakan situasi komunikasi serta mampu menentukan tujuan – tujuan praktis masyarakat secara madani. Sehingga individu dalam menentukan eksistensinya harus berkomunikasi dengan bijak dan baik.

B. Konsep Kehidupan Bersama dalam Interaksi Komunikasi
Berangkat dari tulian Berger 1966 (The Social Contructions of Reality) yang memandang bahwa relitas objektif terbentuk secara social, dia menegaskan realitas kehidupan sehari – hari memiliki dimensi – dimensi subjek dan objek. Maka Beger sependapat dengan Durhem yang melihat bahwa sruktur social memiliki karakter sendiri atau interaksi manusia yagn sudah ada sehingga menjadi intitusionalisasi aturan social. Pada umumnya manusia bersifat humanis, yakni bebas untuk menentukan dunia kehidupan pribadi dan social sehingga bisa dikatakan bagian dari masyarakat itu. Seperti apa yang di refleksikan David Hume, jika suatu individu dalam stasiun kreta api bergumul tanpa ada interaksi maka tidak bias disebut masyarakat, adapun sbaliknya jika berinteraksi walau tidakpernah ketemu sebelumnya maka bias isebut masyarakat. Dengan demikian manusia merupakan actor yang sadar dan refleksif, yang menyatukan objek – objek yang diketahuinya melalui apa yang disebut Blumer (1969) sebagai proses self indication. Maksudnya, proses komunikasi yang sedang berjalan dimana individu mengetahui sesuatu, menilainya, memberinya makna, dan memutuskan untuk bertindak berdasarkan interaksi itu.

C. Konsep Hubungan Manusia Komunikatif
Dalam bukunya Habermas “The philosophical Discourse of Modernity” bahwa yang dimaksud filsafat kesadaran atau rasio berpusat pada subjek yang menyatakan segala bentuk pemikiran yang menempatkan kenyataan, baik masyarakat maupun alam sebagai objek. Artinya begitu penting ilmu – ilmu social kemanusiaan walupun sedikit bayak dipengaruhi para pemikir postmodern. Semakin kompleksnya pertumbuhan maka masyarakat harus semakin kritis terhadap ilmu – ilmu social ataupun kenyataan social melalui landasan praksis social yang rasional.
Dengan demikian kritik hanya bisa maju dengan landasan rasio komunikatif yang dimengerti sebagai praksis komunikasi atau tindakan komunikatif. Sehingga tujuan ilmu – ilmu kritis melalui kepentingan emansipatorisnya dapat membantu masyarakat untuk mencapai otonomi dan kedewasaan (Mundigkeit). Dan yang mendasar atas otonomi kolektif ini berhubungan dengan konsesus bebas dominasi, sehingga dalam sebuah masyarakat yang relative (cerdas) dapat berhasil melakukan komunikasi yang memuaskan yang disertai argumentasi.

Buku bacaan :
· F. Budi, Hardiman. Menuju Masyarakat Komunikatif. Kanisius, 1993. Yogyakarta.
· Margaret. Paloma, Sosiologi Kontemporer. Raja Grafindo Persada. 1992. Jakarta.
· F. Budi, Hardiman. Kritik Ideologi. Menyingkap kepentingan pengetahuan Jurgen Habermas. Buku baik, 2004. Yogyakarta.
· Ahmad Suhelmi.Filsafat Politik Barat. Gramedia Pustaka Utama, 2001. Jakarta

Satu Balasan ke KONSEP HUBUNGAN ANTAR MANUSIA KOMUNIKASI

  1. dwi mengatakan:

    hehe… makasih… akhirnya saya dapat tambahan sumber… buat tugas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: