Kenapa dengan PKS

Oleh: Denhas Mubaroq T.A

(Mahasiswa UIN Jkt, dan Pengamat Politik Kampus)

Partai yang satu ini tentunya sangat berbeda, dan banyak ciri khas yang dilahirkan dari partai ini. Pada awalnya partai ini terbangun dari kesadaran umat dalam berdakwah, namun proses dakwah tidak akan berhasil ketika tidak memasuki structural pemerintahan. Sehingga sedikit banyak tentunya bergeser menjadi mobilitas politik. Ada tiga factor yang menyebabkan PKS semakin eksis, yang pertama adalah factor politik, dikarenakan gerakan tarbiah, dan dakwah, secara dinamis oleh kader-kadernya yang penuh semangat dan militansi yang kuat maka secara melejit partai ini semakin naikdalam kancah perpolitikan nasional. Akibatnya mobilitas politik partai ini selalu dipertimbangkan, terbukti dengan bargaining positions dengan partai-partai besar ataupun kecil. sehingga meraih kemenangan Pilkada di beberapa daerah, seperti Jawa Barat. Mungkin keadaan yang strategis yang menyebabkan banyak simpatik terhadap partai ini. maksud strategis disini artinya tidak seperti partai-partai Islam lainnya yang selalu ataupun sedang konflik internal sehingga menyebabkan perpecahan.

Kedua adalah Agama, tentunya Islam. bagaimana proses terlahirnya partai yang berlandaskan keadilan ini bisa eksis cepat tanpa dilatarbelakangi dengan ideology tertentu (madzhab). transformasi dari Timur Tengah dengan sesosok Hasan Al-Banna bisa membuat partai ini hidup berkembang dinegara demokratis.Walaupun banyak kemungkinan yang tidak simpatik akibat direbutnya daerah kekuasaan dakwah seperti Muhammadiyyah. begitupun NU yang sebagian notabene fundamentalis merasa terusik akibat proses tarbiahnya yang tidak transparan.

Ketiga adalah strategi Dakwah, kita terkadang iri dengan proses dakwah yang terus digencarkan oleh kader partai ini, sampai gresrut yang dari bawah ke atasnya itu satu suara dengan doktrin yang kuat. Mungkin strategi ini berlaku pada seluruh masyarkat Indonesia khususnya umat muslim, namun bagimanapun juga terkadang sikap mereka terlalu eklusif dan tidak terbuka apalagi sudah panatik.

Berangkat dari kekhawatiran yang mungkin terjadi adalah ketika masa-masa demokrasi dijadikan alat untuk meraih kemenangan di Pemilu 2009, sehingga visi dan misinyapun berbeda dengan partai Islam lainnya yakni pembukaan UUD 1945. dari visi itu mencerminkan bahwa ternyata partai ini adalah partai nasionalis walaupun memiliki ruh Syari’at Islam, sehingga kemungkinan terjadi ketika partai ini memperoleh kemenangan akan mengubah antitesisnya seperti meniadakan demokrasi atau merubah konstitusi menjadikan Syari’at Islam. Dan ini yang perlu dikhawatirkan oleh masyarakat yang notabene masih menghargai bangsa dengan pluralitasnya.

saya teringat Anis Baswedan ketika diskusi tentang PKS, dia berpendapat bahwa keberhasilan partai ini diakibatkan penyuplaian kader yang digarap dengan internal, sehingga memiliki gresrut yang kuat. terbukni di beberapa kampus baik negeri ataupun swasta mereka melebarkan sayapnya dengan tumbuh organisasi KAMMI dan LDK, hal ini merupakan modal besar bagi suatu partai untuk membesarkan di kalangan akademisi. padahal jelas bahwa kampus adalah lembaga indevenden yang tidak memperbolehkan partai mengintervensi.

Kalau kita melihat eksistensi PK sebelum adanya “Sejahtera” karakter rekrutmennya tidak terlalu banyak di wilayah politik, hanya porsinya dilevel mahasiswa. karena bagaimanapun juga PKS setelah 99 lebih ada tendensi yang progresif terhadap praktek politiknya. mungkin seperti tarnsisi HMI di era 80-an yang tadinya membahas Ulil Albab malah mengarah ke wilayah poitik dan menjadi politikus. demikianlah yang disebut pragmatisme yang luar biasa.

mungkin pada saat ini PKS sedang berada dalam priode Mekkah, artinya sebagai partai yang dibungkus moderat yang akan membiasakan terbuaka dari setiap golongan sekalipun non muslim. karena bagaimanapun priode Mekkah nabi bersikap demikian. Kemudian selanjutnya PKS dipriode Madinah, dimana proses dalam menuju kemenangan, kemungkinan besar akan mengubah segala elemen pemerintahan baik konstitusi ataupun UUD sekalipun dengan Visinya yang penuh Islami. dan boleh jadi akan mengubahnya kepada Negara Isam sebagaiman Baldatun Thoyyibathun yang dicita-citakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: