Pengertian dan Fungsi dari Sistem Pers Indonesia yang Bias

Oleh : Denhas Mubarok T.A

(paresidium Forum Pers Mahasiswa se- Jabodetabek)

Demokrasi sejatinya kebebasan mengaktualisasikan diri dengan menghargai hak privat individu, serta terwujudnya kebebasan pers sebagai pengontrol pemerintahan. Berbicara tentang pers tentunya tidak terlepas dengan media massa, baik cetak ataupun elektronik. Seperti yang di katakan Mc Luhan media adalah ekstensi manusia, artinya media adalah perpanjangan dan perluasan dari kemampuan jasmani dan rohani manusia.[1] Begitupun Jean Baudrillard dengan ektasi komunikasinya menyatakan bahwa manusia saat ini sudah terhegemoni dari segala aspek kehidupannya oleh media, termasuk pers yang selama ini memberikan informasi kepada masyarakat luas.

Dengan demikian pers adalah media komunikasi yang memproduk penerbitan dengan proses percetakan, ataupun melalui audio visual yang serat dengan pemberitaan. Perlu menjadi catatan bahwa tidak semua informasi yang dipublikasikan oleh media dalam hal ini pers benar seobjektif mungkin, sebab informasi itu tidak akan terlepas dari kepentingan. Dengan demikian untuk menilai informasi sejatinya menggunakan analisis framing, sehingga masyarakat dapat melihat dari perspektif masing-masing.

Melalui keputusan Presiden No.44 Tahun 1974 dijabarkan dalam strategi komunikasinya pers dalam mewujudkan dan memelihara kredibilitas institusi menjaga wibawa untuk mampu mengantisipasi kemajuan dan perkembangan masyarakat, dan kredibilitas personal yaitu berkaitan dengan sumber daya insani yang professional dengan membangun nilai-nilai apresiatif melalui pningkatan kualitas, serta kredibilitas materi yaitu kemampuan menyeleksi muatan materi-materi yang mampu memberi motivasi dan pencerahan dengan tidak meninggalkan aktualnya bagi perkembangan kepada masyarakat.[2]


[1] Nurudin. Sistem komunikasi Indonesia, Raja Grafindo Persada,2004. hal 69

[2] Yani Royani, Sumarno. System komunikasi Indonesia, Universitas terbuka, 2004, hal 5.21

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: